Kamis, 14 Juli 2011

Vitamin D Memperbaiki Fungsi Beta Pankreas

Vitamin D Memperbaiki Fungsi Beta PankreasStudi terbaru menunjukkan, suplemen vitamin D menurunkan faktor risiko untuk diabetes tipe 2 dengan meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin pada relawan pra-diabetes relawan. Hal ini disampaikan oleh Dr. Anastassios Pittas dari Tufts University di Boston.

Dia dan rekan-rekannya memberi supplementasi vitamin D, kalsium, keduanya atau plasebo terhadap sebanyak 92 orang dewasa pra-diabetes. Setelah empat bulan, vitamin D secara signifikan meningkatkan fungsi sel beta dari pasien-pasien tersebut, menurut hasil yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition. Kelompok vitamin D juga memiliki kadar hemoglobin A1C sedikit lebih menguntungkan. Sedangkan suplementasi kalsium tidak berpengaruh pada fungsi sel beta, baik sendiri ataupun dalam kombinasi dengan vitamin D.
Walaupun hasil tidak selalu menunjukkan bahwa vitamin D akan mengurangi kemungkinan diabetes, karena penelitian ini hanya diukur hasil tes darah. Namun, temuan penting adalah bahwa "suplementasi vitamin D mempengaruhi fungsi biologi. Diperkirakan vitamin D mampu meningkatkan fungsi sel beta antara 15% dan 30% dalam penelitian ini. Sedangkan penelitian sebelumnya telah mengeksplorasi hubungan antara vitamin D dan diabetes, dengan hasil yang beragam. Beberapa studi memberikan hasil bahwa kadar vitamin D dalam darah yang rendah dapat meningkatkan risiko untuk diabetes, namun sebagian besar studi telah mampu menunjukkan bahwa suplemen vitamin D bermanfaat untuk pencegahan diabetes.

Sumber : Kalbe Farma

1 komentar: