Rabu, 20 Juli 2011

Studi In-Vitro, Lansoprazole Menghambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab Gingivitis

Studi In-Vitro, Lansoprazole Menghambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab GingivitisLansoprazole yang telah dikenal sebagai golongan penghambat pompa proton untuk mengatasi kasus hipersekresi asam lambung ternyata memiliki potensi lain, yaitu dalam penanganan kasus gingivitis. Pernyataan ini merupakan hasil dari suatu studi yang telah dipublikasikan dalam Jurnal Archives of Oral Biology. Lansoprazole sebelumnya juga telah diketahui memiliki efek antimikroba terhadap kuman Helicobacter pylori dan Streptococcus oral.

Gingivitis merupakan penyakit rongga mulut yang mengakibatkan terjadinya proses inflamasi pada gusi. Bakteri anerob sering menjadi penyebab terjadinya gingivitis, salah satunya adalah Fusobacterium nucleatum. Fusobacterium sebenarnya bukan penyebab utama langsung terjadinya gingivitis ini, tetapi kuman ini bertindak sebagai media melekatnya kuman patogen lain untuk melekat pada permukaan gigi, menyebabkan terjadinya plak yang dapat mencetuskan terjadinya gingivitis.
Lansoprazole terlihat dapat menghambat perkembangan kuman Fusobacterium nucleatum ini sehingga dapat mencegah dilepaskannya toksin yang menyebabkan gingivitis. Rongga mulut yang asam merupakan lingkungan yang baik untuk berkembangnya kuman patogen, lansoprazole dapat memperbaiki lingkungan yang asam tadi sehingga menyebabkan terhambatnya perkembangan kuman.
Salah satu studi yang dilakukan adalah dengan menilai terjadinya katabolisme dari asam amino, dipeptida dan glukosa oleh kuman anareob pada rongga mulut. Proses katabolisme ini  akan menghasilkan metabolit inflamasi seperti butirat dan amonia yang akan merusak gingiva. Pada studi ini Fusobacterium nucleatum ATCC 25586 dan Prevotella intermedia ATCC 25611 yang dibiakkan pada media anaerob, dicuci dan dipapar dengan lansoprazole pada pH 4 atau 5.  Hasil memperlihatkan lansoprazole bersifat bakteriostatik, memiliki aktivitas antimikroba multi target terhadap Fusobacterium nucleatum dan pada kondisi anaerob menghambat  fermentasi asam amino dan juga glikolisis dari glukosa dan fruktosa.
Dari studi ini disimpulkan bahwa katabolisme asam amino, dipeptida dan glukosa oleh kuman anerob rongga mulut bersifat sensitif terhadap hambatan dari lansoprazole. Oleh karenanya jalur katabolik merupakan target yang digunakan oleh lansoprazle dalam menghambat terjadinya proses gingivitis. Tetapi belum dipikirkan apakah di masa mendatang kandungan lansoprazole dapat digunakan dalam campuran pasta gigi atau rongga mulut untuk mencegah penyakit rongga mulut.

Kalbe Farma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar