Rabu, 20 Juli 2011

Studi Hewan Coba. Arginine Membantu Penyembuhan Luka

Studi Hewan Coba. Arginine Membantu Penyembuhan LukaKemajuan terapi nutrisi telah menyebabkan penggunaan spesifik suplementasi arginin untuk sintesis protein, produksi nitric oxide (NO) dan proliferasi sel melalui metabolismenya menjadi ornitin dan poliamin. Muncul bukti dari hasil studi pada hewan dan manusia bahwa NO berperan dalam penyembuhan luka. Efek NO dalam penyembuhan luka disebabkan karena pengaruhnya terhadap angiogenesis, inflamasi, proliferasi sel, deposisi matriks dan remodelling. 

Arginine digolongkan sebagai asam amino non-esensial yang menjadi asam amino esensial kondisional pada keadaan stres. Arginin telah menunjukkan dapat membantu penyembuhan luka dan deposit kolagen pada luka insisi buatan pada hewan dan manusia.
Suatu penelitian yang dilakukan oleh Zunic, G. dkk dan dipublikasikan dalam jurnal Nitrix Oxide tahun 2009. Studi tersebut dilakukan untuk meneliti produksi NO dan asam amino bebas pada luka selama 3 hari pertama pasca luka pada kulit. Penelitian tersebut dilakukan pada 18 ekor tikus yang menjalani implantasi spons polyvinyl pada kulit dan 6 ekor tikus sebagai kontrol. Kemudian dilakukan pengukuran nitrit, nitrat, asam amino bebas dan urea dalam plasma dan cairan luka. Selain itu juga dianalisis ekspresi gen inducible nitric oxide synthetase (iNOS) pada luka.
Tingkat tertinggi dari ekspresi gen iNOS dan aktivitasnya (peningkatan citruline dan nitrit dalam cairan luka) ditemukan pada hari pertama. Kadar nitrat dalam cairan luka secara bermakna lebih tinggi dibanding dalam plasma sepanjang periode dan rasio molar nitrat terhadap nitrit meningkat. Hal ini dikaitkan dengan peningkatan ornitin dan urea secara bertahap dan penurunan arginin serta peningkatan fenilalanin pada luka. Penurunan glisin secara bertahap terhadap rasio molar asam amino rantai cabang secara bertahap juga ditemukan dalam plasma maupun dalam cairan luka.
Dari studi tersebut menunjukkan bahwa peran intervensi diet dalam bentuk suplementasi arginin juga terbukti memberikan manfaat pada penyembuhan lukan, perlu dilakukan studi lebih lanjut pada aplikasi pada penyembuhan luka pada manusia. Meskipun hipotesis bahwa arginin dapat menbantu penyembuhan luka sering didiskusikan, namun efek terapi suplementasi arginin pada penyembuhan luka kronik pada manusia masih memerlukan studi lebih lanjut. Uji klinik yang didisain dengan baik diperlukan untuk menentukan apakah suplementasi arginin efektif dalam membantu penyembuhan luka akut dan kronik pada manusia dan berapa dosis arginin yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan selama fase penyembuhan luka.

Kalbe Farma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar