Selasa, 12 Juli 2011

Kadar Lipid Darah Mungkin Mempengaruhi Risiko Kanker Prostat

Kadar Lipid Darah Mungkin Mempengaruhi Risiko Kanker ProstatDari hasil studi yang telah dilakukan, kadar lipid serum mungkin berhubungan dengan risiko kanker prostat, hal ini merupakan kesimpulan dari sebuah studi kohort yang baru-baru ini dipublikasikan dalam jurnal Prostate Cancer and Prostatic Diseases tahun 2011.

Dalam studinya penelitian yang melibatkan sebanyak 2.842 subyek laki-laki ini dilakukan oleh Dr. Kok DE., dkk. dengan tujuan utama penelitiannya adalah mengevaluasi hubungan antara kadar kolesterol total dalam serum, kolesterol HDL, kolesterol LDL,trigliserida dengan risiko kanker prostat. Pada akhir follow up, kasus insiden 64 kanker prostat telah diidentifikasi. Kolesterol serum total, kolesterol HDL, kolesterol LDL dan trigliserida dievaluasi sebagai faktor risiko potensial untuk kanker prostat dengan menggunakan model multivariabel Cox proportional hazards regression.
Dari sebanyak 2.842 subyek hanyak sebanyak 2.118 subyek yang di analisis. Subyek sebanyak tersebut adalah subyek yang tidak pernah menggunakan obat penurun kolesterol. Total kolesterol dan LDL yang tinggi secara bermakna dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker prostat (HR dan 95% (CI) per 1 mmol/L masing-masing adalah sebesar 1,39 (95% CI 1,03-1,88) dan 1,42 (95% CI 1,00-2,02). Hasil yang serupa diamati untuk kanker prostat agresif, sedangkan untuk kanker prostat non-agresif terdapat hubungan yang bermakna dengan kolesterol HDL (HR 4,28, 95% CI 1,17-15,67).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kadar lipid dalamserum dapat mempengaruhi risiko kanker prostat. Namun, peran yang jelas dari setiap fraksi kolesterol terhadap perbedaan agresivitas kanker prostat harus evaluated lebih lanjut.

Sumber : Kalbe Farma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar