Jumat, 15 Juli 2011

Vitamin C Mungkin Bermanfaat untuk Menurunkan Asam Urat Darah

Vitamin C Mungkin Bermanfaat untuk Menurunkan Asam Urat DarahVitamin C mungkin dapat menurunkan asam urat serum, hal ini berdasarkan hasil meta-analisis yang dipublikasikan dalam jurnal Arthritis Care tahun 2011. Suplementasi vitamin C menawarkan strategi dengan potensi yang berbeda, dan cukup aman untuk dipertimbangkan sebagai preparat untuk menurunkan asam urat serum, meskipun, sampai saat ini, bukti-bukti pendukung terbatas. Hal ini disampaikan Dr. Allan Gelber dan rekan yang merupakan peneliti dari Johns Hopkins University di Baltimore, Maryland.

Dari meta-analisis yang terdiri dari 13 studi klinis dan dengan total 556 subyek, diketemukan bahwa vitamin C memberikan gambaran yaitu kemampuan untuk mengurangi asam urat sampai dengan 0,35 mg/dL (P=0,03). Dr. Gelber menyebutkan bahwa penurunan tersebut nyata, tetapi kecil. Sebaliknya, preparat penurun asam urat dapat mengurangi asam urat sepuluh kali lebih besar. Studi menunjukkan bahwa kadar asam urat serum di atas 9 mg/dL dapat meningkatkan risiko gout sepuluh kali lipat.
Efek vitamin C mungkin lebih besar pada pasien dengan kadar asam urat tinggi. Median kadar asam urat rata-rata pada awalnya berkisar 2,9-7,0 mg/dL. Dalam uji coba di mana tingkat asam urat dasar rata-rata adalah 4,85 mg/dL atau lebih tinggi, vitamin C menunjukkan mampu menurunkan kadara asam urat dengan rata-rata 0,78 mg/dL (P=0,03). Ada kecenderungan yang tidak bermakna yaitu efek yang lebih besar untuk dosis vitamin C setidaknya 500 mg per hari.

Kalbe Farma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar