Jumat, 15 Juli 2011

Oxaliplatin Sesuai untuk Pasien Kanker Kolorektal yang Rentan atau Manula

Oxaliplatin Sesuai untuk Pasien Kanker Kolorektal yang Rentan atau ManulaUmumnya pasien berusia lanjut (manula) termasuk dalam kriteria eksklusi dalam uji klinik obat kemoterapi. Namun, suatu uji klinik multisenter berskala besar justru secara khusus menilai manfaat dan tolerabilitas pemberian obat kemoterapi pada pasien manula. Uji klinik tersebut dipublikasikan di The Lancet Oncology, 2011.

Studi bermetode terbuka, 2x2 factorial design, acak, yang diberi nama MRC FOCUS2 ini mengikutsertakan pasien-pasien kanker kolorektal stadium lanjut yang belum pernah mendapat terapi dan dianggap tidak dapat diberikan kemoterapi dosis penuh (rentan/manula). Pasien dibagi menjadi 4 kelompok: fluorouracil IV 48 jam + leucovorin (kelompok A), oxaliplatin (68 mg/m2 IV 2 jam; q2wk) + fluorouracil (kelompok B), capecitabine (kelompok C), dan oxaliplatin (104 mg/m2 IV 2 jam; q3wk) + capecitabine (kelompok D). Dosis mula yang diberikan yaitu 80% dari dosis standar dan dapat ditingkatkan hingga dosis penuh setelah 6 minggu.
Hasil studi menunjukkan bahwa penambahan oxaliplatin menghasilkan peningkatan PFS dibandingkan tanpa oxaliplatin, tetapi tidak mencapai kemaknaan secara statistik (median 5,8 vs 4,5 bulan; p=0,07). Penggantian fluorouracil dengan capecitabine tidak meningkatkan skor kualitas hidup. Risiko terjadinya efek samping derajat 3 atau lebih tidak meningkat secara bermakna pada pemberian oxaliplatin (38% vs 32%; p=0,17). Namun, efek samping terpantau lebih sering pada pasien yang mendapat capecitabine dibandingkan fluorouracil (40% vs 30%; p=0,03).
Simpulannya, dengan metode yang sesuai, termasuk mengurangi dosis awal kemoterapi, pasien yang rentan/berusia lanjut dapat berpartisipasi pada uji klinik acak. Kemoterapi kombinasi dengan oxaliplatin lebih terpilih dibandingkan kemoterapi tunggal dengan fluorouracil walaupun hasil-akhir primer tidak tercapai. Capecitabine tidak meningkatkan kualitas hidup dibandingkan fluorouracil.

Kalbe Farma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar