Rabu, 20 Juli 2011

Teh atau Kopi Hangat Menurunkan Kolonisasi MRSA Sekret Hidung

Teh atau Kopi Hangat Menurunkan Kolonisasi  MRSA Sekret HidungTeh atau Kopi Hangat Dikaitkan dengan Rendahnya MRSA pada sekret Hidung, hal ini merupakan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Eric M. Matheson yang dipublikasikan dalam jurnal Annals of family Medicine tahun 2011. Dari studi sebelumnya menunjukkan bahwa teh memiliki aktivitas antimikroba terhadap beberapa jenis bakteri patogen, termasuk: Vibrio cholerae, Escherichia coli, Shigella, Salmonella, dan S. aureus. Sedangkan kopi tampaknya juga memiliki sifat antimikroba terhadap Escherichia coli, Salmonella, dan S aureus. Baik penelitian in-vitro maupun in-vivo menunjukkan bahwa teh atau ekstrak berbasis teh memiliki sifat antimikroba saat dioleskan.

Dalam studi yang dilakukan oleh Dr. eric M. Matheson, juga dilihat potensi antimikroba dari teh ataupun kopi hangat, khususnya dalam hubungannya dengan penurunan frekuensi MRSA (methicillin-resistant Staphylococcus aureus) dalam sekret hidung, dengan subyek yang berasal dari National Health and Nutrition Examination Survey dari tahun 2003-2004.
Diperkirakan sekitar 1,4% dari populasi mengangandung MRSA di dalam sekret hidung, dan setelah dilakukan analisis regresi dan penyesuaian dari faktor usia, ras, jenis kelamn, rasio penghasilan, status kesehatan, perawatan di rumah sakit dalam kurun 12 bulan terakhir, serta penggunaan antibiotik pada bulan terakhir, menunjukkan bahwa jumlah subyek yang mengandung MRSA dalam sekret hidung pada subyek yang minum teh hangat separoh lebih sedikit jika dibandingkan dengan minum  bukan teh hangat, begitu pula untuk subyek ayng minum kopik hangat.
Konsumsi teh ataupun kopi hangat, merupakan salah satu cara menurunkan MRSA dalam sekret hidung yang aman, murah dan mudah dilakukan.

Kalbe Farma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar