Jumat, 05 Agustus 2011

Tes Imunokimia Darah Samar Feses Efektif untuk Skrining Lesi Saluran Cerna Bagian Bawah

Tes Imunokimia Darah Samar Feses Efektif untuk Skrining Lesi Saluran Cerna Bagian Bawah
Tes immunochemical fecal occult blood (FOB) non-invasif efektif untuk skrining adanya lesi pada saluran cerna bagian bawah, hal ini menurut hasil penelitian kohort prospektif yang dilaporkan secara online pada 2 Agustus di Canadian Medical Association Journal. Penelitian sebelumnya telah menyarankan bahwa tes darah samar dalam tinja memiliki kekhususan yang unggu  untuk mendeteksi perdarahan di saluran cerna yang lebih rendah bahkan jika terjadi perdarahan di saluran bagian atas, hal ini menurut para peneliti yaitu Dr. Ming-Shiang Wu, dan kolega dari the Department of Internal Medicine at National Taiwan University.
Studi yang dilakukan dengan mengambil sampel antara Agustus 2007 dan Juli 2009, total 2.796 orang tanpa gejala, dengan usia minimal 18 tahun direkrut di Taiwan untuk menjalani tes FOB, kolonoskopi, dan Esofagogastroduodenoskopi. Pasien dengan hasil tes tinja baik positif dan negatif selanjutnya dibandingkan dengan prevalensi lesi saluran cerna bawah dan atas.
Hasil tes tinja positif pada 397 peserta (14,2%). Untuk prediksi yang lebih rendah lesi saluran cerna, sensitivitas uji 24,3%, spesifisitas 89,0% adalah, nilai prediksi positif 41,3%, nilai prediksi negatif 78,7%, rasio kemungkinan positif 2,22, rasio kemungkinan negatif 0,85, dan akurasi adalah 73,4 %.
Dibandingkan dengan peserta yang memiliki hasil tes darah tinja negatif, mereka dengan hasil positif memiliki prevalensi yang lebih tinggi lesi di saluran pencernaan bagian bawah (41,3% vs 21,3%, P<0.001). Tidak perbedaan yang signifikan antara kelompok dalam prevalensi lesi pada saluran pencernaan bagian atas (20,7% vs 17,5%; P=0.12). Hasil tes tinja yang positif 27 (96,4%) dari 28 peserta didiagnosis dengan kanker usus besar tetapi tidak satupun dari 3 peserta didiagnosis dengan kanker esofagus atau lambung (P<0.001).
Hasil tersebut menunjukkab bahwa tes immunochemical fecal occult blood merupakan tesyang spesifik untuk memperkirakan adanya lesi pada saluran cerna bagian bawah, namun tidak adekuat untuk memprediksi adanya lesi pada saluran cerna bagian atas.

kf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar