Senin, 01 Agustus 2011

Propranolol Memperbaiki Hemagioma pada Bayi dan Anak-anak

Propranolol Memperbaiki Hemagioma pada Bayi dan Anak-anak
Penggunaan propanolol selama enam bulan mengurangi volume, elevasi, dan warna hemangioma pada anak-anak  hal ini merupakan hasil penelitian baru-baru ini di Australia. Beberapa serangkaian kasus menunjukkan involusi secara dramatis dari hemangioma anak-anak dengan penggunaan propranolol. Banyak dokter yang talah meresepkan propanolol sebagai pengobatan lini pertama, hal ini juga disampaikan oleh peneliti yang dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics bulan Agustus 2011 ini.
Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Marcia Hogeling ini dilakukan di Rumah Sakit Anak Sydney, mereka merekrut 40 anak, usia 11 minggu sampai empat tahun, dengan hemangioma ditempat yang berpotensi mengganggu. Anak-anak secara acak diberikan oral propranolol 2 mg/kg/hari atau plasebo selama 24 minggu. Respon terhadap terapi diukur dengan estimasi pengukuran volume yang diacak setiap empat minggu dan mencetak foto untuk buta warna dan elevasi pada awal, 12 minggu dan 24 minggu. Pada minggu ke empat, pertumbuhan hemangioma tiba-tiba berhenti untuk semua pasien yang dirawat dengan propanolol, sebagaimana yang dilaporkan tim.
Setelah itu, volume rata-rata terus menurun pada kelompok propanolol, sementara itu awalnya meningkat dan kemudian menurun pada kelompok plasebo. Pada 24 minggu volume yang telah turun 60% dari volume awal pada kelompok propanolol, dibandingkan dengan 14% pada kelompok plasebo. Kemerahan dan elevasi juga menurun secara bermakna pada kelompok propanolol. Pada minggu 24, kemerahan telah bersih pada 23,5% dari anak yang diobati dengan propanolol tetapi tidak satupun dari mereka yang diberikan plasebo. Pada saat itu, 11,8% dan 35,7% dalam dua kelompok, masing-masing, masih memiliki warna yang signifikan.
Tekanan darah, dan frekuensi jantung maupun kadar gula darah dimonitor secara ketat selama penelitian berlangsung, namun tidak terjadi episode hipotensi, bradikardia, ataupun hipoglikemia. Dan peneliti menyimpulkan bahwa meskipun dengan jumlah kecil dan kelompok heterogen, menunjukkan penurunan volume  dan kemerahan yang bermakna serta penurunan elevasi penurunan yang cukup untuk membenarkan penggunaan propanolol sebagai pilihan pertama untuk pengobatan hemangioma pada anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar