Senin, 15 Agustus 2011

Nimodipine Intra-arterial Efektif dan Aman untuk Perdarahan Subarachnoid

Nimodipine Intra-arterial Efektif dan Aman untuk Perdarahan Subarachnoid
Vasospasme serebral tetap menjadi masalah utama pada pasien pasca pendarahan subarachnoid karena aneurisma, walaupun sudah terdapat cukup banyak kemajuan dalam penanganan secara medis, pembedahan, dan perawatan endovaskuler. Para peneliti dari Universitas Nasional Kangwon dan Universitas Seoul, di Korea Selatan mengadakan studi klinis untuk melihat efektivitas dan keamanan Nimodipine secara infus intra-arterial pada pasien yang mengalami perdarahan subarachnoid akibat pecahnya aneurisma, sebagaimana yang dipublikasikan pada jurnal Interventional Neuroradiology edisi bulan Juni 2011.
Studi klinis ini dilakukan untuk mengevaluasi efikasi infus nimodipine yang diberikan secara intra-arterial untuk vasospasme simptomatik pada pasien dengan pendarahan subarachnoid karena aneurisma yang disebut juga sebagai aneurysmal subarachnoid hemorrhage (aSAH).
Data klinis dikumpulkan dari 42 pasien dengan gejala  vasospasme simptomatik setelah aSAH, direview secara retrospektif. 42 pasien yang menjalani 101 sesi infus nimodipine secara  intra-arterial. Respon angiografik, respon klinis segera, dan hasil klinis yang dievaluasi saat perdarahan dan 6 bulan kemudian merupakan parameter pengukuran studi tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan  perbaikan secara angiografik dicapai pada sebanyak 82,2% dari seluruh pasien. Perbaikan klinis segera adalah 68, 3%, dengan rate deteorirasi sebesar 5 %. Hasil klinis yang baik dicapai sebesar 76,2% pada saat pendarahan dan 84,6% pada saat 6 bulan kemudian. Vasospasme yang berkaitan dengan proses infark terjadi pada 21,4%. Tidak terdapat komplikasi yang disebabkan oleh pengaruh obat.
Kesimpulan studi adalah kelompok yang mendapatkan nimodipine menunjukkan hasil akhir yang memuaskan, dan nimodipine dapat direkomendasikan sebagai agen intra-arterial dengan efektivitas dan tingkat keamanan  yang baik pada keadaan vasospasme simptomatik setelah terjadinya pendarahan subarachnoid karena aneurisma atau  aSAH.

kf (IWA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar