Senin, 01 Agustus 2011

Paracetamol Menghasilkan Morphine Sparing Effect

Paracetamol Menghasilkan Morphine Sparing EffectParacetamol atau acetaminophen merupakan obat analgesik antipiretik yang digunakan untuk meredakan nyeri dan menurunkan demam. Sebagai analgesik, paracetamol bekerja dengan meningkatkan ambang rangsang nyeri dan sebagai antipiretik, diduga bekerja langsung pada pusat pengatur panas di hipotalamus. Dalam pedoman pemberian analgesik dari WHO, paracetamol dapat digunakan pada nyeri ringan atau pada nyeri sedang hingga berat bila dikombinasi dengan analgesik opioid. Penggunaan paracetamol bersamaan dengan analgesik golongan opioid (morphine) tidak hanya dapat meningkatkan efektivitas analgesik tetapi juga dapat menurunkan kebutuhan akan analgesik opiod (morphine) pada nyeri sedang hingga berat yang dikenal dengan nama morphine sparing effect. Penurunan kebutuhan opioid ini diharapkan dapat menurunkan efek samping dari penggunaan analgesik golongan opioid.
Meta-analisis oleh Remy et al (2005) yang dilakukan terhadap 7 studi prospektif acak dengan pembanding, dengan jumlah pasien pasca-operasi 265 pada kelompok acetaminophen (oral maupun intravena) + morphine dan 226 pasien dengan morphine saja, memperlihatkan bahwa pemberian acetaminophen menurunkan kebutuhan morphine (morphine sparing effect) sebesar 20% (Rerata –9 mg; CI –15 hingga –3 mg; p <0,003). Sayangnya, hasil meta-analisis ini tidak menemukan adanya penurunan insidens efek samping dari morphine meskipun kebutuhan morphine mengalami penurunan.
Berbeda dengan hasil meta-analisis di atas, studi oleh Young dkk. (2011) terhadap 76 wanita yang menjalani histerektomi yang secara acak mendapatkan premedikasi acetaminophen intravena 2 gram atau plasebo 30 menit sebelum operasi, menunjukkan bahwa kebutuhan morphine lebih rendah 30% pada kelompok acetaminophen dan efek samping mual dan muntah juga ditemukan lebih rendah pada kelompok acetaminophen.
Sebagai simpulan, pemberian paracetamol dapat menurunkan kebutuhan analgesik opioid (morphine), atau dikenal dengan istilah morphine sparing effect, dan (menurut beberapa studi) dapat menurunkan efek samping dari penggunaan morphine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar