Selasa, 09 Agustus 2011

Asam Folat Menghambat Penurunan Fungsi Pendengaran Usia Lanjut

Asam Folat Menghambat Penurunan Fungsi Pendengaran Usia Lanjut
Berdasarkan studi yang dipresentasikan pada meeting tahunan Perhimpunan ahli THT Amerika Serikat (American Academy of Otolaryngology - Head and Neck Surgery Foundation (AAO-HNSF) Annual Meeting) di San Diego tahun 2009 baru-baru ini.  Dalam salah satu presentasi disebutkan, pemberian suplementasi asam folat dapat mengurangi/menunda resiko terjadinya hilangnya pendengaran (hearing loss), dan sebaliknya suplementasi lainnya termasuk antioksidan vitamin C, E dan beta caroten tidak menunjukkan manfaat yang bermakna terhadap penurunan pendengaran ini. 
Menurut the National Institute on Deafness and Other Communication Disorders (NIDCD), kasus penurunan pendengaran ini lebih banyak terjadi  pada pria daripada wanita. Secara keseluruhan, kurang lebih 36 juta laki-laki dilaporkan mempunyai penurunan pendengaran dalam berbagai derajat keparahan beberapa macam tingkat.
Dan studi terbaru penggunaa asam folat untuk penurunan pendengaran dilakukan secara kohort berdasarkan data dari the Health Professionals Follow-up Study selama tahun 1986 sampai 2004, dengan jumlah subyek sebanyak 51.529 tenaga kesehatan pria. Pada populasi ini, peneliti mengindentifikasikan sekitar 3.559 kasus penurunan pendengaran. Mereka lalu mengevaluasi data nutrisi dan menemukan bahwa pria tua di atas 60 tahun yang mendapatkan dan memelihara nutrisi dengan asam folat dengan dosis cukup tinggi mempunyai penurunan resiko terjadinya penurunan hilangnya pendengaran sampai 20%. Adapun Folat secara natural ditemukan dalam makanan, serta bentuk sintetik pada suplemen dan penambah makanan.
Walaupun studi baru-baru ini juga tidak menemukan data mengenai keuntungan/ benefit dari penggunaan antioksidan vitamin C, E dan beta caroten, namun pada hasil studi sebelumnya, yang dilakukan  pada hewan coba menunjukkan bahwa penggunaan antioksidan, bersama dengan Magnesium dapat mencegah kerusakan permanen dari hilang fungsi pendengaran. Studi lainnya pada tahun 2007, menemukan bahwa suplementasi asam folat dapat menunda hilangnya pendengaran pada pria dan wanita yang berusia 50 sampai  70 tahun.
Asam folat dapat mengurangi resiko hilangnya pendengaran sampai sekitar 20% pada pria dan wanita lanjut usia 50-70 tahun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar