Jumat, 16 Desember 2011

Studi Preklinis. Efek Kombinasi NGF (Nerve Growth Factor), Fluoxetine, dan Amitriptyline pada Jaringan Otak

Beberapa area di otak yang terkait dengan jalur VTA-NAc essensial dalam mekanisme reward dan perubahan reward secara kronik dalam kaitannya dengan adiksi. Area yang dimaksud adalah amygdala, hippocampus, hipotalamus, serta beberapa wilayah di korteks frontal. Beberapa area ini adalah bagian penting dari sistem penyimpanan memori di otak. Hal ini menghantarkan kepada pemahaman bahwa aspek-aspek penting dalam mekanisme adiksi sangat terkait dengan memori.
Karena penelitian secara studi preklinis pada otak hewan coba tikus jenis Flinders, dilakukan oleh para peneliti di Rhode Island, Amerika Serikat hendak mengetahui hubungan antara Nerve Growth Factor (NGF), pengobatan Fluoxetine, Amitriptilin dengan saline untuk profil gen dalam area otak di amygdala dan hippocampus, sebagaimana yang dipublikasi dalam jurnal riset Neuropeptides edisi Oktober 2011.
Bukti menunjukkan bahwa faktor pertumbuhan saraf atau  nerve growth factor (NGF) mungkin memiliki struktur anti-depresan walaupun mekanisme farmakologi tetap tidak diketahui.
Sebelumnya, para peneliti menemukan bahwa NGF meningkatkan reaksi (performance) pada tes renang yang ‘dipaksa’ pada line hewan coba tikus Flinders, tetapi tidak tampak memiliki aksi biokimiawi serupa dengan anti-depresan fluoxetine. Profil ekspresi gen untuk reseptor neurotransmitter dan gen  regulator pada  amygdala/hippocampus ditentukan pada hewan coba tikus yang diobati selama 14 hari dengan NGF, fluoxetine, amitriptyline, atau saline.
Ekspresi gen diukur dengan RT2 profiler pada sistem PCR dalam memperkirakan dasar efek ini. Dibandingkan dengan saline, terdapat sejumlah gen yang mempengaruhi secara bermakna kadar mRNA dalam area amygdala/hippocampal. Overlap / tumpang tindih ditemukan antara level mRNA dari gen yang dipengaruhi NGF dan pengobatan 2 anti-depresan meliputi  gen yang berkaitan dengan sistem  kolinergik dan dopaminergik. Walaupun,
penurunan level mRNA dari gen  Drd5, Sstr3, Htr3a, dan Cckar di area amygdala/hippocampus secara unik diatur oleh NGF.
Hasil studi preklinis ini konsisten dengan kesimpulan sebelumnya bahwa efek  anti-depresan,  NGF dimediasi melalui reseptor non-tradisional untuk neurotransmiter dan mungkin sebagai pertimbangan  dalam pengunaan sebagian NGF, dalam pengobatan depresi dan adiksi secara komorbid.

KF Medical

Tidak ada komentar:

Posting Komentar