Selasa, 06 Desember 2011

Apixaban untuk Pencegahan Tromboemboli Vena

UK NICE (The UK's National Institute for Health and Clinical Excellence) telah mempublikasikan suatu panduan terapi yang merekomendasikan penggunaan apixaban sebagai pilihan terapi pencegahan tromboemboli vena (venous thromboembolism, VTE) bagi pasien dewasa yang telah menjalani operasi bedah penggantian tulang pinggul atau lutut yang terencana. UK NICE juga menyimpulkan bahwa apixaban secara klinik lebih efektif dibandingkan dengan enoxaparin dan belum ada data-data klinik yang menunjukkan bahwa apixaban tidak lebih baik dibandingkan dengan rivaroxaban dan dabigartan.
Panduan NICE untuk tromboemboli vena  merekomendasikan bahwa pasien yang menjalani operasi bedah penggantian panggul dan lutut diberikan terapi LMWH (low-molecular-weight heparin), dabigartan, rivaroxaban, atau fondaparinux untuk pencegahan tromboemboli vena.
Walau hingga kini apixaban hanya dibandingkan dengan satu pilihan dari rekomendasi NICE, yaitu enoxaparin, komite UK NICE sangat tertarik bahwa apixaban merupakan salah satu pilihan yang efektif baik dari efektivitasnya maupun harganya untuk pencegahan pembekuan darah, di samping terapi efektif lainnya yang telah direkomendasikan oleh NICE.
Simpulannya, apixaban telah disetujui sebagai salah satu terapi oleh UK NICE untuk pencegahan tromboemboli vena bagi pasien yang menjalani bedah penggantian tulang pinggul atau lutut.
Reference:
1. HeartWire. UK NICE gives nod to apixaban for DVT prevention.
2. Apixaban for the prevention of venous thromboembolism after total hip or knee replacement in adults. National Institute for Health and Clinical Excellence.

KF Medical

Tidak ada komentar:

Posting Komentar