Jumat, 25 November 2011

Vitamin C Bermanfaat untuk Menjaga Fungsi Retina

Vitamin C Bermanfaat untuk Menjaga Fungsi RetinaDari studi terbaru menunjukkan bahwa reseptor GABA (gamma-aminobutyric acid) yang terdapat pada retina memerlukan vitamin C untuk mempertahankan fungsinya, dan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neuroscience tahun 2011 ini juga disebutkan bahwa penemuan ini juga berpotensi memberikan implikasi untuk beberapa penyakit lainnya seperti glaukoma dan epilepsi.
GABA merupakan neurotransmiter ihnhibitorik pada retina dan otak, yang dapat menghambat perjalanan eksitasi dari neuran dan vitamin C kelihatannya mempunyai kemampuan untuk hal ini. Hal ini disampaikan Henrique von Gersdorff, PhD, dan kolega dari the Vollum Institute at Oregon Health & Science University, Portland. Dan dikarenakan retina merupakan bagian dari sistem saraf pusat maka kemungkinan vitamin C juga mempunyai manfaat untuk otak.
Para peneliti menyampaikan bahwa reseptor GABA-C banyak diketemukan di retina, dan vitamin C juga banyak diketemukan dengan kadar yang tinggi pada retian dan bagian lain dari sistem saraf pusat.
Dr von Gersdorff dan rekannya mempelajari efek asam askorbat pada iris tipis retina ikan mas, yang memiliki struktur biologis yang sama secara keseluruhan dengan retina manusia. Diketemukan bahwa asam askorbat bermanfaat untuk mengatur fungsi GABA-C dan reseptor GABA-A. Fungsi asli retina dan rekombinan GABA-C reseptor secara signifikan ditingkatkan dengan adanya asam askorbat, dan sebaliknya kadar asam askorbat yang rendah secara bermakna menurunkan fungsi reseptor GABA-C. Asam askorbat juga memiliki efek serupa pada reseptor GABA-A retina.
Secara umum, hasil studi tersebut mendukung bahwa vitamin C dapat sebagai modulator endogen yang kuat terhadap neurotransmiter GAB-ergik, dan jika tubuh kekurangan vitamin C, akan terjadi juga penurunan kadar vitamin C di dalam otak. Namun otak merupakan organ paling akhir dari kehilangan vitamin C. Dan diet dengan kadar vitamin C mungkin bermanfaat sebagai neuroprotektor terhadap fungsi retina.

KTW (KF)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar