Selasa, 29 November 2011

Jus Cranberry Bermanfaat untuk Mencegah Kekambuhan Infeksi Saluran Kemih pada Anak

Jus cranberry ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mencegah kekambuhan infeksi saluran kemih pada wanita dewasa, namun studi terbaru menunjukkan bahwa jus cranberry juga mampu mencegah kekambuhan infeksi saluran kemih pada anak-anak. Hal ini merupakan hasil studi yang dilakukan oleh Salo J, dan kolega yang dipublikasikan dalam jurnal Clinical Infectious Disease bulan November 2011.
Studi dengan disain acak tersamar ganda, kontrol vs palsebo ini dilakukan pada 7 rumah sakit di Finlandia. Dengan total responder 263 anak-anak yang mendapatkan terapi infeksi saluran kemih ini secara acak mendapatkan jus cranberry ataupun plasebo selama 6 bulan. Delapan anak-anak dihilangkan karena pelanggaran protokol, dan tinggal 255 anak-anak untuk analisis akhir. Anak-anak dipantau selama 1 tahun, dan ISK berulang mereka dicatat. 
Dua puluh anak-anak (16%) pada kelompok cranberry dan 28 (22%) pada kelompok plasebo memiliki setidaknya 1 ISK berulang (perbedaan, -6%, 95% confidence interval [CI], -16 sampai 4%, p=0,021). Tidak ada perbedaan waktu antara kambuh pertama (p=0,32). Episode ISK masing-masing sebesar 27 dan 47 pada kelompok cranberry dan plasebo, dan kejadian ISK  dengan kepadatan per orang - per tahun adalah sebesar 0,16 episode lebih rendah pada kelompok cranberry (95% CI, -0,31 -0,01 untuk; p=0,035). Anak-anak dalam kelompok cranberry memiliki hari secara signifikan lebih sedikit pada pemaparan terhadap antimikroba (-6 hari per pasien - per tahun; 95% CI, -7 ke -5; P <.001).
Kesimpulan dari studi ini menunjukkan bahwa, intervensi dengan jus cranberry ini tidak bermakna dalam menurunkan jumlah anak yan gterjadi kekambunan infeksi saluran kemih, namun hal ini efektif dalam menurunkan jumlah kekambuhan dan berhubungan dengan penggunaan antimikroba.
 
KF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar