Selasa, 29 November 2011

Statin Aman dan Efektif pada Penggunaan Jangka Panjang

Dari studi yang sudah ada, penurunan kolesterol LDL dengan menggunakan statin akan menurunkan morbiditas dan mortalitas akibat gangguan vaskuler. Dan dari studi yang terbaru menunjukkan bahwa statin efektif dan aman pada penggunaan jangka panjang ternyata. Hal ini terungkan dari hasil studi yang dilakukan oleh Heart Protection Study Collaborative Group dan telah dipublikasikan secara online pata 23 November 2011 dalam jurnal The Lancet. Dalam studi ini lama penggunaan statin rata-rata sampai 11 tahun.

Dalam studi yang melibatkan sebanyak 20.536 pasien tersebut, bertujuan untuk melihat efektivitas dan keamanan penuurnan kolesterol LDL dengan menggunakan statin yang merupakan kelanjutan dari Heart Protection Study (HPS). Subyek yang dengan faktor risiko tinggi akibat gangguan vaskuler atapun non-vaskuler secara alokasi diberikan simvastatin 40 mg per hari ataupun plasebo. Sedangkan rata-rata monitoring adalah selama  5,3 tahun (SD 1,2) dan monitoring pasca studi rata-rata total 11 tahun (SD 0,6). Target utama studi ini adalah kejadian vaskuler mayor pasca randomisasi, dan dianalisis dengan ITT.
Selama kurunwaktu studi, pemberian simvastatin rata-rata menurunkan kolesterol LDL dalam 5 tahun pertama sebesar 1,0 mmol/L dan menurunkan kejadian gangguan vaskuler mayor secara proporsional sebesar 23% (95% CI 19-28; p<0,0001). Keuntungan tersebut menetap dan tidak berubah selama periode monitoring selama 11 tahun, tidak terjadi perbaikan dalam kejadian vaskuler mayor maupun mortalitasnya. tetapi juga tidak ada efek yang merugikan misalnya kejadian kanker pada pemberian statin yang memberikan efek sebanding dengan plasebo ataupun kejadian non-vaskuler lainya.
Dari studi tersebut peneliti  menyimpulkan bahwa, untuk penggunaan jangka panjang, statin menghasilkan penurunan absolut lebih besar dalam kejadian vaskular. Selain itu, bahkan setelah pengobatan studi berhenti di HPS, manfaat berlangsung selama setidaknya 5 tahun tanpa ada bukti bahaya muncul. Temuan ini memberikan dukungan lebih lanjut untuk inisiasi penggunaan jangka panjang dan berkelanjutan penggunaan statin.
 
KF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar