Selasa, 28 Juni 2011

Infeksi saluran Kemih pada Masa Kehamilan Meningkatkan Risiko Asma pada Anak yang Dilahirkan

Infeksi saluran Kemih pada Masa Kehamilan Meningkatkan Risiko Asma pada Anak yang Dilahirkan
Kalbe.co.id - Wanita yang mengalami infeksi antepartum selama kehamilan atau persalinan, terutama infeksi saluran kemih (UTI), akan lebih mungkin memiliki anak dengan asma, hal ini menurut sebuah penelitian Dr. Charlene Hooper, dari Yale University, New Haven, Connecticut yang dipresentasikan dalam the American College of Obstetricians and Gynecologists’ (ACOG) 59th Annual Clinical Meeting. Dalam risetnya dilaporkan bahwa adanya peningkatan risiko asma pada anak dari wanita yang terdiagnosis infeksi sebelum persalinan.

Dalam studi ini melibatkan sebanyak 1.428 wanita hamil, yang selanjutnya kelompok tersebut diikuti keturunan mereka melalui wawancara terstruktur dan catatan sampai anak-anak mereka mencapai usia 6 tahun. Asma didefinisikan oleh dokter diagnosis dan gejala pada usia 6 tahun. Dari total sebanyak 635 (44.5%) wanita, sebanyak 21,1% pernah mengalami infeksi saluran nafas, 19% infeksi saluran kemih, 13,9% mengalami infeksi ginekologis, dan 4,8% terjadi korioamnionitis selama masa kehamilan. Berebagai infeksi tersebut menurut Dr. Charlene Hooper dapat menyebabkan terjadinya asma pada anak yang dilahirkannya, namun hanya infeksi saluran kemih yang secara bermakna meningkatkan risiko asma pada anak yang dilahirkannya.
Selain itu jug aditemukan bahwa, walaupun kolonisasi rektovaginal akibat Streptococcus group B dilaporkan mencapai 20,9% dari wanita-wanita tersebut, namun hal ini tidak berhubungan ataupun meningkatkan risiko terjadinya asma pada anak yang dilahirkannya.
Para peneliti menyimpulkan bahwa, imunitas dari ibu maupun fetus dan respon peradangan terhadap kuman patogen saluran kemih serta perubahan dari mikroflora akiba tinfeksi dan pemaparan antibiotik mungkin merupakan kondisi yang unik sebagai predisposisi dari terjadinya alergi dari keturunannya.

http://www.kalbe.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar