Kamis, 06 Oktober 2011

Orang Dengan IQ Tinggi Biasanya Mudah Terkena Anoreksia Nervosa

Orang Dengan IQ Tinggi Biasanya Mudah Terkena Anoreksia NervosaPara peneliti telah mendeteksi adanya hubungan antara indeks massa tubuh dengan IQ (intelligence quotient). Hal ini dilaporakan berdasarkan suatu review secara menyeluruh oleh Carolina Lopez MSc., dari Institute of Psychiatry, Kings College London in the United Kingdom and Facultad de Medicina de la Universidad de Chile in Santiago. Studi tersebut merupakan review dari sebanyak 30 hasil studi dan hasilnya dipublikasikan dalam the Annals of General Psychiatry pada bulan Desember tahun lalu.
Dari sebanyak 30 studi tentang anoreksia nervosa dalam hubungannya dengan IQ tersebut secara total melibatkan sebanyak 849 subyek yang terdiagnosa sebagai anoreksia nervosa (AN) dengan mengggunakan pengukuran IQ yang sudah baku yaitu; 14 studi menggunakan National Adult Reading Test; dan sebanyak 16 studi menggunakan the Wechsler Intelligence Scales, dalam tes ini masing-masing diambil AN dengan skor di atas  10,8 unit dan 5,9 unit dari skor rata-rata populasi normal. Para peneliti menemukan bahwa
Para peneliti juga menemukan bahwa subyek dengan sembuh dari anoreksia nervosa dari tes IQ menunjukkan mempunyai skor IQ yang lebih tinggi daripada populasi normal. Rata-rata IQ dari para subyek wanita dengan anoreksi nervosa yang ikut dalam studi adalah 109.3 sampai 118.1 dibandingkan dengan 96.1 sampai 117.6 pada populasi normal. Keuntungan dari studi ini adalah dapat dipakasi sebagai bagian dari pengetahuan untuk merencanakan studi masa mendatangdan mem-formulasikan pertanyaan-pertanyaan misalnya: apakah pasien-pasien dengan IQ tinggi mempunyai ahsil akhir yang lebih baik?, bagaimana efektivitas penggunaan pengobatan fisiologis pada IQ yang tinggi dsb.
Namun penulis menyamapaikan adanya keterbatas reviewnya, termasuk disain retrospektif yang digunakannya. Serta penggunaan Wechsler's tests menunjukkan tingginya heterogenitas sehingga mempersulit untuk membuat suatu kesimpulan yang kuat.

KTW, KF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar