Kamis, 15 September 2011

Manfaat Kemoterapi Pasca-operasi pada Manula Pengidap Kanker Paru

Manfaat Kemoterapi Pasca-operasi pada Manula Pengidap Kanker ParuPemberian kemoterapi adjuvan pada pasien kanker paru jenis bukan sel kecil stadium IB - III (non-small cell lung cancer, NSCLC) terlihat meningkatkan relapse-free dan overall survival pada beberapa uji klinis. Namun, usia median pasien pada uji klinis tersebut berkisar antara 59 hingga 61 tahun. Belum diketahui pasti apakah pasien berusia lebih lanjut juga memperoleh manfaat terhadap pemberian kemoterapi pasca-operasi (sebagai terapi adjuvan).
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dilakukan studi kohort observasional yang melibatkan 3324 pasien NSCLC stadium II-IIIA berusia ≥65 tahun dari Surveillance Epidemiology and End Results (SEER) database tahun 1992 - 2005. Sebanyak 21% (n = 684) dari pasien tersebut mendapat kemoterapi berbasis platinum pasca-operasi. Analisis terhadap data awal menunjukkan tidak ada perbedaan faktor demografis di antara pasien yang mendapat kemoterapi dengan yang tidak mendapat kemoterapi.
Terpantau peningkatan harapan hidup pada pasien stadium II dan IIIA yang mendapat kemoterapi (hazard ratio 0,80; 95% CI, 0,72 – 0,89). Detil regimen kemoterapi tidak dinilai. Analisis berdasarkan stratifikasi usia menunjukkan bahwa manfaat peningkatan harapan hidup tersebut hanya terpantau pada kategori pasien berusia <70 tahun dan 70 – 79 tahun, tetapi tidak pada pasien berusia ≥80 tahun. Insidens rawat inap akibat efek samping serius lebih tinggi pada pasien yang mendapat kemoterapi dibandingkan yang tidak (13,0% vs 6,9%) dengan odds ratio 2,0 (95% CI, 1,5 – 2,6). Manfaat pemberian kemoterapi juga terpantau pada pasien yang mendapat radioterapi maupun yang tidak mendapat radioterapi.
Simpulannya, kemoterapi adjuvan berbasis platinum berhubungan dengan penurunan mortalitas dan peningkatan efek samping serius pada manula pengidap NSCLC stadium II-IIIA. Besarnya manfaat sebanding dengan yang terpantau pada uji klinis acak.

LHS, KF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar