Selasa, 27 September 2011

Gel Antibakteri Hanya Efektif 2 Menit

Gel Antibakteri Hanya Efektif 2 Menit Mungkin beberapa dari kita berpikir bahwa gel antibakteri (hand sanitizer) yang kerap kita pakai mampu melindungi tangan dari kuman dalam waktu lama, nyatanya gel antibakteri pembersih tangan tidak menawarkan perlindungan jangka panjang yang selama ini dikira.

"Pembersih tangan berbahan alkohol sebenarnya hanya efektif selama 1-2 menit dan harus digunakan kembali bila ada kontaminasi," kata Philip Tierno, Direktur Mikrobiologi dan Imunologi Klinis di Pusat Kesehatan NYU Langone.

Adapun Len Horovitz, dokter dan internis di Rumah Sakit Lenox Hill menjelaskan bahwa penggunaan hand sanitizer tetap lebih baik ketimbang tidak menggunakan apa pun, terutama bila kita hendak menjabat tangan orang atau tengah berada di kepadatan lalu lintas. "Tapi tetap, cara paling efektif untuk membersihkan tangan ialah dengan mencucinya menggunakan sabun dan air."

Ia menambahkan, cara lain membesihkan tangan selain dengan mencucinya yakni jauhkan tangan dari wajah. Jangan menhentuh wajah dengan tangan kecuali Anda baru saja mencuci tangan."
 
NFA, KF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar